Manfaat Adas Sowa / Daun Dill Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat adas sowa / daun dill untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai “manfaat adas sowa / daun dill untuk kesehatan”.  Bagi anda yang berprofesi sebagai koki atau chef, pasti anda tidak asing dengan dill atau fresh dill? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, dill adalah sejenis sayuran atau lebih tepat disebut sebagai bumbu pelengkap untuk masakan. Dill memiliki bentuk yang menyerupai daun cemara dan relatif mudah layu.

Mungkin daun ini tidak termasuk rempah asli Indonesia. Daun ini lebih sering ditemukan pada resep-resep masakan Mediterania. Tak ada salahnya kita berkenalan dengan daun yang satu ini, sebab selain memiliki aroma khas yang enak, ia juga memiliki berbagai khasiat yang baik bagi tubuh. Daun dill mengandung senyawa monoterpenes, flavanoid, mineral, dan asam amino yang bisa menyehatkan pencernaan. Selain itu, minyak esensialnya juga bisa menenangkan pikiran dan membuat kita terhindar dari insomnia. Sementara, aroma khasnya bisa jadi pengharum napas alami. Daun adas sowa atau daun ender berkhasiat untuk penekan batuk, ekspektoran, anti mual, nyeri dada, perut, lambung, kembung. Dimasak sebagai sayuran pada waktu makan besar.

manfaat adas sowa daun dill untuk kesehatan

Baca juga : Manfaat Sehat Larutan Air Garam

Tanaman Adas (Foeniculum vul-gare Mill.) adalah tanaman herbal tahunan dari familii Umbelliferae dan genus Foeniculum. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan dan daerah Mediterania, yang ke-mudian menyebar cukup luas di berbagai negara seperti Cina, Meksiko, India, Itali, Indian, dan termasuk negara Indonesia. Genus Foeniculum mempunyai tiga spesies yaitu F. vulgare (adas), F. azoricum (adas bunga di-gunakan sebagai sayuran) dan F. dulce (adas manis digunakan juga sebagai sayuran). F. vulgare mempunyai sub spesies yaitu F. fulgare var. dulce dan F. vulgare var. vulgare. Di Indonesia dikenal dua jenis adas yang termasuk ke dalam famili Umbelliferae, yaitu adas (F. vulgare Mill.) dan adas sowa (Anetum graveolens Linn.) Kedua jenis ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia, ter-utama adas (F. vulgare Mill.) Sedangkan A. graveolens Linn lebih banyak dibudidayakan di daerah dataran rendah dan daunnya dimakan sebagai lalap.

Selain sebagai bumbu masak, tanaman adas mempunyai banyak kegunaan mulai dari akar, daun, batang dan bijinya. Daun adas digunakan sebagai di-uretik (pelancar air seni) dan memacu pengeluaran keringat. Akarnya berkhasiat sebagai obat batuk, pencuci perut dan sakit perut sehabis melahirkan. Tanaman muda digunakan juga sebagai obat gangguan saluran pernapasan dan dari ekstrak buah adas dapat digunakan untuk mengobati mulas. Mengingat kegunaannya sebagai tanaman obat, maka tanaman adas merupakan salah satu tanaman yang mempunyai peranan penting dalam industri obat tradisional di Indonesia.

Deskripsi Tanaman Adas Sowa

Tanaman dicirikan dengan bentuk herba tahunan, tingga tanaman dapat mencapai 1 – 2 m dengan percabangan yang banyak, batang beralur. Daun berbagi menyirip, berbentuk bulat telur sampai segi tiga dengan panjang 3 dm, bunga berwarna kuning membentuk kumpulan payung yang besar. Dalam satu payung besar terdapat 15 – 40 payung kecil, dengan panjang tangkai payung 1 – 6 cm. Bunga ber-bentuk oblong dengan panjang 3,5 – 4 mm. Dalam masing-masing biji terdapat tabung minyak yang letak-nya berselang-seling. Pada waktu muda biji adas bewarna hijau kemudian kuning kehijauan, dan kuning kecokelatan pada saat panen.

Kandungan bahan aktif

Kandungan atsiri adas bervariasi antara 0,6 – 6%. Buah yang terletak di tengah-tengah payung umumnya mengandung minyak atsiri yang lebih tinggi dan baunya lebih tajam dibandingkan dengan buah yang terletak di bagian lain. Iklim dan waktu panen sangat menentukan kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri yang paling utama dari varietas dulce mengandung anethol (50 – 80%), limonene (5%), fenchone (5%), estragol (methyl-chavicol), safrol, alpha-pinene (0,5%), camphene, beta-pinene, beta-myrcene dan p-cymen. Sebalik-nya varietas vulgare tidak di budidayakan, kadang-kadang mengandung lebih banyak minyak atsiri, tetapi karena dicirikan oleh fen-chone yang pahit (12 – 22%) sehingga harganya lebih murah dari varietas dulce.

Berikut Beberapa Khasiat dan Manfaat Adas Sowa / Daun Dill Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat adas sowa / daun dill untuk kesehatan | Selain digunakan untuk keperluan masakan, daun dill atau adas sowa juga dimanfaatkan untuk beberapa keperluan pengobatan. Berikut adalah beberapa manfaat adas sowa untuk kesehatan tubuh :

Kaya antioksidan

Daun dill dikenal karena sifat anti-oksidatif dan dapat membantu dalam pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.

Mengendalikan kadar kolesterol

Daun adas sowa memiliki kadar yang rendah akan kalori. Hal ini juga mengandung niasin, serat makanan dan piridoksin yang membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Adas sowa bagus sebagai tambahan bumbu masakan di rumah.

Sumber minyak volatile

Tangkai adas sowa dan bijinya mengandung banyak minyak atsiri penting seperti d-carvone, dillapiol, DHC, eugenol, limonene, terpinene dan miristisin yang juga sangat baik untuk kesehatan Anda.

Mengandung minyak esensial seperti Eugenol

Eugenol, minyak esensial yang ditemukan pada adas sowa telah digunakan untuk tujuan terapeutik dan berfungsi sebagai-anestesi lokal dan anti-septik. Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, Eugenol juga telah diklaim mampu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

Minyak biji adas sowa memiliki sifat kuratif

Beberapa manfaat minyak biji adas sowa adalah anti-spasmodik, karminatif untuk pencernaan, disinfektan, dan sifat obat penenang. Hal ini juga dikenal untuk membantu dalam sekresi susu pada ibu muda yang baru menyusui.

Adas sowa sumber berbagai vitamin

Adas sowa mengandung asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A, ß-karoten dan vitamin C yang sangat penting untuk metabolisme tubuh dan kesehatan. Vitamin ini juga membantu mencegah masalah paru-paru dan kanker rongga mulut. TKandungan vitamin pada adas sowa juga membantu membangun resistensi terhadap infeksi dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

Sumber mineral

Daftar mineral yang ditemukan pada daun dill sangat banyak. Tembaga, kalium, kalsium, mangan, besi, dan magnesium adalah mineral yang ditemukan dalam Dill. Mineral yang ditemukan pada adas sowa seperti tembaga dan seng sangat membantu mengatur pertumbuhan dan perkembangan, generasi sperma, pencernaan dan juga sintesis pada asam nukleat. Kalium dan mangan juga memberikan pertolongan pada penderita penyakit jantung.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai “manfaat adas sowa / daun dill untuk kesehatan“. Semoga dengan adanya kutipan pada artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terus kunjungi situs https://caramenurunkankadartrigliseridatinggiblog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Manfaat Adas Sowa / Daun Dill Untuk Kesehatan

Iklan

#beberapa-manfaat-tanaman-adas-sowa, #kandungan-bahan-aktif-adas-sowa, #khasiat-daun-dill-untuk-kesehatan-tubuh, #minyak-biji-adas-sowa-bersifat-kuratif, #tanaman-adas-sowa-untuk-kesehatan